-->
Setelah postingan sebelumnya saya pernah membahas tentang Apa Itu AMP dan Keuntungan jika kita menggunakan template AMP, dan juga Cara Mudah Membuat AMP Template, maka berikut ini kita akan membahas tentang Bagaimana Cara Mengecek atau Mengetahui Suatu Halaman Website atau Blog sudah Valid AMP ataukah belum?

Sebenarnya ada beberapa langkah yang dapat kita lakukan untuk dapat memvalidasi halaman AMP, dan dari kesemua cara tersebut akan menghasilkan hasil yang sama persis, jadi silahkan saja anda memilih cara yang di anggap mudah. (rekomendasi dari saya pakailah cara Web Interface)



Berikut adalah cara yang dapat dilakukan guna mengetahui apakah halaman AMP kita sudah Valid atau sebaliknya:

Browser Developer Console

1. Buka Halaman Situs AMP pada mesin browser anda.
3. Silahkan klik kanan pada halaman tersebut kemudian pilih Inspect
4. Atau jika anda menggunkan Chrome silahkan tekan ctrl + shift + I
5. Jika menggunakan Mozilla Firefox silahkan teken ctrl + shift + Q
6. Maka hasilnya jika situs anda sudah valid akan tampak seperti gambar dibawah ini.



Web Interface

Cara ini akan lebih mudah menurut hemat saya, karena kita hanya perlu menambah url situs atau blog milik kita yang akan diuji validitasnya, sebagai contoh:

https://validator.ampproject.org/#url=TAMBAH URL BLOG ANDA DISINI

Lebih kurangnya akan seperti ini:

https://validator.ampproject.org/#url=https://amptemplates.blogspot.co.id

Jika url tersebut anda jalankan pada mesin browser, maka secara otomatis hasilnya akan muncul, dan seandainya blog atau situs anda sudah valid maka hasilnya akan nampak seperti gambar dibawah ini.



Browser Extention

Cara ini dapat anda lakukan dengan menambahkan atau mengisntall AMP Validator Extention pada mesin browser di PC anda.

Untuk browser Chrome silahkan kunjungi alamat ini AMP Validator Chrome

Untuk browser Opera silahkan kunjungi alamat ini AMP Validator Opera

Setelah Extention diatas terinstal, setiap kali kita mengunjungi sebuah blog yang sudah menggunakan AMP, maka jika situs atau blog sudah valid kemudian logo atau tanda extention yang dipasang di browser akan menyala berwarna Hijua, seperti contoh dibawah ini.



Jika logonya berwarna merah maka halaman tersebut error AMP nya, kemudian jika berwarna biru dengan ikon link maka halaman tersebut tidak AMP tapi halaman menunjukkan bahwa versi AMP tersedia, dan jika kita klik pada ekstensi maka akan mengarahkan browser ke versi AMP dari situs tersebut dan berdasarkan pengalaman saya, hal ini bisa kita jumpai pada blog dengan flatform wordpress.

Sebenarnya masih ada beberapa langkah lagi yang bisa dilakukan untuk dapat mengetahui valid atau tidaknya halaman AMP, namun saya rasa ketiga cara diatas sudah cukup, sekian dari saya dan selamat mencoba semoga bermanfaat.

Share this:

YOU MIGHT ALSO LIKE

Related Posts

Show Disqus Comment Hide Disqus Comment

Disqus Comments